PROPERTI. Emiten properti PT Metropolitan Land Tbk (MTLA) tidak memberlakukan ketentuan down payment (DP) 0% sehingga tidak bisa memproyeksi pertumbuhan penjualan properti hingga tahun depan. Sebagai informasi, Bank Indonesia (BI) memutuskan memperpanjang ketentuan uang muka atau down payment (DP) 0% untuk kredit kendaraan bermotor (KKB) dan kredit pemilikan rumah (KPR).

Ketentuan DP 0% untuk KKB dan KPR ini masih bisa dinikmati oleh masyarakat hingga 31 Desember 2022 alias hingga akhir tahun depan. Direktur MTLA Olivia Surodjo mengemukakan, jika pihaknya menjaga keseriusan konsumen dalam melaksanakan kewajiban menyelesaikan KPR-nya, jika di tengah jalan ada kendala pembayaran MTLA wajib melakukan buy back kepada Bank.

Emiten Properti Ini Bakal Coba Sediakan Unit Tapera, Asal... - Market Bisnis.com

Jadi mengenai kebijakan perpanjangan DP 0% ini tidak bisa memberikan pendapat, karena tidak memberlakukan ini. Alasannya karena menjaga keseriusan konsumen dalam melaksanakan kewajibannya menyelesaikan KPRnya. Jika di tengah jalan ada kendala pembayaran wajib melakukan buy back kepada Bank.

DP 0% masih bisa dinikmati hingga 31 Desember 2022

Ia melanjutkan, kebijakan DP 0% justru memberatkan di cicilan per bulan bagi konsumen, terutama bagi calon konsumen yang mayoritas end user adalah karyawan. MTLA sendiri memberikan kemudahan cara bayar dengan DP 5% bisa dicicil beberapa kali. Selain itu MTLA juga sering kali membuat program subsidi DP 2,5%, sehingga konsumen tinggal bayar separuh dan bisa melakukan akad.

Lebih lanjut, menilai ke depannya rumah yang sifatnya ready stock yang siap dihuni akan menjadi favorit konsumen. Hal ini berbeda dengan fenomena beberapa tahun lalu, di mana segmen rumah tumbuh banyak diincar.

Saat ini dan sepertinya di masa mendatang minat konsumen lebih kepada rumah yang sudah siap untuk dihuni. Artinya, ketersediaan ruang sudah mencukupi. Beberapa produk yang diminati konsumen adalah jenis compact house dengan ukuran tidak terlalu besar namun bisa menyediakan 3 kamar tidur, 2 kamar mandi dan ruangan fungsional lain.

MTLA membuat desain rumah dengan open plan

Ia menyambung, kesadaran akan efisiensi energi juga sudah semakin tinggi di kalangan konsumen, sehingga MTLA juga membuat desain rumah dengan open plan, buka-bukaan yang lebar, plafon tinggi sehingga sirkulasi udara dan pencahayaan cukup.

Rumah dengan bukaan dan plafon tinggi sehingga ada sirkulasi udara dan pencahayaan cukup akan sangat disukai konsumen. juga optimistis dapat mencapai target di tahun ini. Pencapaian per Sept 2021 kurang lebih sudah 80%. Informasi seputar perumahan citragran cibubur hubungi; bit.ly/3qQxzXb.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may use these HTML tags and attributes:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>